Mengenal Jenis Hewan yang Memiliki Tentakel

Mengenal Jenis Hewan yang Memiliki Tentakel – Saat ini sudah semakin banyak jenis hewan yang bisa dengan mudah kita temui dan juga sebagian besar kita mengenalnya sebagai jenis hewan apa.

Tentakel adalah organ tubuh hewan yang umumnya berfungsi untuk memegang sesuatu atau untuk makan. Ada pula yang fungsinya sebagai organ sensorik. Salah satu hewan yang terkenal memiliki tentakel adalah cumi-cumi. Mereka memiliki dua tentakel panjang untuk menangkap mangsa dan delapan lengan untuk mengarahkannya ke mulut.

Mengenal Jenis Hewan yang Memiliki Tentakel
Sementara, tak seperti yang dikira banyak orang, gurita tidak punya tentakel. Mereka hanya punya delapan lengan. Kalau begitu, hewan apa lagi yang memiliki tentakel selain cumi-cumi? Ini dia lima hewan di antaranya.

1. Ubur-ubur
Ubur-ubur adalah salah satu hewan laut yang memiliki tentakel. Ubur-ubur terdiri dari ribuan spesies dan setiap spesies mysafecamnola bisa memiliki jumlah tentakel yang berbeda-beda. Menurut How Stuff Works, beberapa jenis ubur-ubur memiliki empat hingga delapan tentakel, tetapi ada spesies yang tentakelnya bisa ratusan.

Salah satu spesies ubur-ubur yang punya ratusan tentakel adalah ubur-ubur surai singa (Cyanea capillata). Selain banyak, tentakel ubur-ubur surai singa juga sangat panjang, yaitu hingga 36 meter! Ditambah ukuran medusanya yang mencapai lebar 2,4 meter, ubur-ubur surai singa adalah spesies ubur-ubur terbesar di dunia.

Tentakel ubur-ubur dilengkapi dengan sel penyengat yang disebut nematosis. Menggunakan tentakelnya tersebut, ubur-ubur bisa menangkap mangsa maupun melindungi diri dari predator. Beberapa jenis ubur-ubur memiliki sengatan yang sangat kuat hingga bisa membunuh manusia.

2. Anemon laut
Berikutnya, ada anemon laut, sejenis hewan laut yang penampakannya lebih mirip tumbuhan. Nama anemon laut bahkan diambil dari nama sejenis tumbuhan yang bunganya berwarna-warni. Anemon laut masih berkerabat dengan ubur-ubur dan mereka juga memiliki tentakel.

Sebagian besar jenis anemon laut hidup menempel pada dasar laut atau batu karang. Seperti ubur-ubur, anemon laut adalah karnivor. Mereka menangkap mangsa yang lewat menggunakan tentakelnya. Tentakel anemon laut juga memiliki nematosis sehingga bisa menyengat mangsa berupa ikan atau hewan laut lain.

3. Caecilian
Caecilian adalah sejenis amfibi yang penampilannya mirip cacing karena mereka tak memiliki kaki. Caecilian terdiri dari ratusan spesies yang tersebar di hampir seluruh dunia. Spesies caeclian terbesar bisa mencapai panjang 2,4 meter. Namun, hewan ini memang relatif jarang diketahui karena mereka hidup di dalam tanah.

Caecilian memiliki sepasang tentakel kecil yang terletak di antara mata dan lubang hidungnya. Tentakelnya itu digunakan sebagai organ sensorik. Caecilian memiliki mata yang kecil dan beberapa spesies bahkan tak memiliki mata. Karena itu, tentakel mereka sangat penting untuk mendeteksi keadaan sekitarnya serta mencari makanan.