Makanan Ringan Khas Kota Jakarta

Makanan Ringan Khas Kota Jakarta

Makananringan.net – Jakarta, kota yang menjadi ibukota negara Indonesia, merupakan tempat yang menawarkan modernism dan juga beragam jenis objek wisata yang bisa dikunjungi. Ya, kota ini menyimpan aneka ragam objek wisata terkemuka, mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata belanja dan lainnya. Dengan banyaknya pilihan ide wisata tersebut, tidak jarang jika banyak wisatawan yang datang ke kota ini untuk berlibur, terutama ketika masa liburan sudah datang. Selain menawarkan beragam jenis objek wisata yang menarik, Jakarta juga terkenal dengan beberapa makanan ringan khas Jakarta yang terkenal hingga di seluruh Indonesia. Tentu, hal ini akan menarik dan membuat Jakarta lebih terkenal lagi di telinga masyarakat Indonesia.

Nah, adanya ragam makanan ringan yang terkenal di Jakarta ini juga menjadi daya tarik wisata tersendiri bagi para penikmat cenderamata unik. Dengan adanya banyak pilihan makanan ringan tersebut juga para wisatawan bisa memilih mana makanan ringan yang cocok untuk mereka beli dan bawa pulang.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas mengenai beragam pilihan makanan ringan terbaik yang ada di Jakarta yang bisa mewarnai liburan panjang anda. Dengan banyaknya pilihan makanan ringan, pasti liburan anda akan lebih menyenangkan. Penasaran? Berikut dibawah ini langsung saja kita bahas mengenai sedikit dari makanan ringan khas jakarta :

➢ 1. Pencok Betawi
Selain terkenal dengan keindahan alam dan kemajuan kotanya, Jakarta juga cukup terkenal dengan sajian kuliner yang begitu istimewa. Ada cukup banyak makanan khas Jakarta yang bisa ditemukan dan dijadikan salah satu makanan ringan yang sangat menarik untuk dibeli. Salah satu makanan khas yang ada di Jakarta dan menjadi pilihan tepat untuk makanan ringan adalah Pencok Betawi. Pernahkah anda mendengar jenis makanan ini sebelumnya?

Ya. Pencok Betawi adalah salah satu makanan khas Jakarta yang cukup digemari baik oleh masyarakat Betawi dan warga Jakarta secara umum. Seperti namanya, origin makanan ini adalah suku Betawi yang sudah membuat makanan ringan ini sejak beratus tahun yang lalu. Biasanya, makanan ini disajikan oleh masyarakat Betawi pada upacara pernikahan atau adat lainnya. Oleh karena itu, makanan ini seringkali juga disebut dengan istilah pencok pengantin yang menjadi makanan ringan khas jakarta.

Namun, dewasa ini, makanan satu ini sudah hadir dalam kemasan yang lebih modern dan menjadi makanan ringan yang sangat menarik untuk dibeli. Nah, pencok sendiri dibuat dengan bahan dasar kentang. Dengan bahan dasar kentang, rasa pencok akan begitu nikmat dan juga mengandung beragam manfaat yang baik bagi tubuh. Tidak hanya itu, pencok ini juga tersedia dalam beragam rasa yang lebih istimewa, seperti rasa original, rasa bawang, rasa pedas dan lainnya.

Nah, pencok sendiri kini sudah cukup terkenal tidak hanya di Indonesia tetapi juga mancanegara. Dengan dibungkus menggunakan kemasan alumunium foil yang kedap udara, pencok bisa tahan lebih lama. Jika anda ke Jakarta, maka anda sebaiknya menyempatkan diri untuk membeli salah satu makanan khas Betawi yang sudah bertransformasi menjadi lebih modern ini untuk makanan ringan keluarga di rumah.

➢ 2. Dodol Betawi
Siapa yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini? Ya, dodol adalah salah satu makanan khas Betawi yang sudah menjadi legenda dan juga sangat terkenal di antero negeri tercinta. Memang, ada cukup banyak daerah yang menghasilkan dodol yang hampir sama, salah satunya adalah dodol Garut. Namun, tentu, dodol Betawi memiliki keistimewaan yang akan menjadi alasan kenapa anda perlu membeli makanan dengan rasa yang manis ini sebagai makanan ringan khas Jakarta untuk keluarga di rumah.

Nah, pada zamannya, dodol Betawi hanya ada pada saat acara tertentu, seperti ketika ada acara adat, ada hajatan atau ketika lebaran. Dodol memang menjadi perekat masyarakat Betawi dan biasanya dibuat dengan cara bergotong royong dan patungan untuk pembelian bahannya. Namun, dewasa ini, dodol Betawi sudah bisa dinikmati kapan saja karena makanan ringan khas jakarta ini menjadi komoditas makanan ringan unik dan menarik yang menunjang pangsa pariwisata khususnya di Jakarta.

Apa yang menarik dari dodol Betawi adalah rasanya yang legit dan sangat nikmat. Selain itu, dodol ini juga tergolong tahan lama dan bisa disimpan dalam waktu tertentu. Oleh karena daya tahannya yang cukup baik, maka tidak jarang wisatawan membeli dodol sebagai makanan ringan dan membawanya pulang ke rumah masing-masing. Ada cukup banyak warung dodol yang menyajikan olahan makanan ini sebagai komoditas utama. Dulu, dodol hanya ada satu rasa, yakni rasa asli gula yang manis.

Namun, kini anda bisa menemukan rasa dodol lainnya yang lebih komplit. Adapun beberapa rasa lain yang kini tersedia adalah rasa ketan putih, ketan hitam dan juga rasa durian. Nah, adanya beberapa variasi rasa tersebut tentu akan membuat anda leluasa untuk memilih mana rasa dodol Betawi favorite yang anda inginkan. Selain itu, harga dari makanan ringan khas jakarta dodol Betawi ini juga tergolong cukup terjangkau. Ada cukup banyak variasi produk dodol dengan berat yang berbeda.

➢ 3. Kerak Telor jakarta
Pergi ke Jakarta tentu tidak lengkap jika tidak mencicipi kerak telor. makanan ringan khas jakarta kerak telor ini memang merupakan salah satu panganan yang unik dan sangat digemari oleh masyarakat Jakarta. Makanan ini sebenarnya merupakan makanan tradisional khas Betawi yang sudah ada sejak berpuluh tahun yang lalu. Hingga kini, meskipun sudah mulai berkurang, penjual kerak telur masih bisa ditemukan di Jakarta, terutama ketika ada event-event budaya yang diadakan oleh pemerintah. Berbeda dengan kota bali, disana memiliki makanan khas bali dengan menu nasi ayam kedawetan dimana rasanya enak dan sedikit pedas.

Nah, kerak telor ini dibuat dengan bahan dasar ketan putih, telur ayam atau telur bebek, ebi, bawang merah goreng dan beberapa bumbu lainnya termasuk serundeng. Secara umum, panganan ini memiliki rasa yang begitu gurih yang berasal dari kelapa setengah tua yang disangrai dan ditambahkan ke dalam adonan.

Selain rasanya yang nikmat, keunikan lain dari kerak telor ini adalah cara memasaknya. Ya, pada saat dibuat, penjual akan membalik wajan menghadap ke tungku untuk memastikan adonan sudah matang dan menjadi kerak. Jika anda sedang berada di Jakarta dan ingin membeli panganan ini sebagai makanan ringan, maka anda bisa berkunjung ke Kota Tua ataupun Setu Babakan. Harga dari makanan ringan unik khas Jakarta ini berkisar antara 15,000 hingga 25,000 saja. Cukup terjangkau, bukan?

➢ 4. Kue Biji Ketapang
Makanan khas lain yang juga bisa menjadi menu makanan ringan khas jakarta saat berkunjung ke Jakarta adalah kue biji ketapang. Pernahkah anda mendengar makanan yang satu ini sebelumnya? Nah, kue biji ketapang adalah salah satu kue legendaris yang berasal dari Betawi. Biasanya, ke ini hanya muncul pada saat momen tertentu dan hari istimewa saja di Betawi. Apa yang menarik dari kue ini tentu saja adalah rasanya yang begitu lezat serta bentuk pipih kue yang sangat unik dan berbeda dengan kue pada umumnya.

Jika anda pernah melihat pohon ketapang, tentu anda akan tahu bahwa pohon yang satu ini memiliki daun yang lebar serta badan yang tinggi dan banyak terdapat di pinggiran jalan Jakarta masa lalu. Pohon ini memiliki buah dengan kulit yang keras. Buah memiliki ujung yang runcing dan memiliki isi berwarna putih seperti almond dengan rasa yang gurih dan renyah. Karena sering melihat buah ini berceceran di jalan, maka orang Betawi memungutnya lantas memakannya.

Nah, berawal dari situlah kue ini tercipta. Namun, kue biji ketapang dibuat dengan bahan tepung terigu, telur, gula dan mentega. Adonannya sajalah yang dibuat menjadi pilih dengan ujung runcing yang menyerupai biji ketapang. Biasanya, kue disajikan dengan wadah berhias kertas minyak warna-warni yang begitu menarik mata.

Sayangnya, kue biji ketapang termasuk salah satu jenis kue yang cukup jarang ditemukan di pasaran Betawi. Anda tidak akan selalu menemukan jenis kue ini saat berkunjung ke Jakarta. Hal ini dikarenakan kebanyakan orang Betawi akan menjajakan kue ini pada saat lebaran. Nah, jika anda menemukan penjual kue ini lantas ingin membelinya, maka harga per kilogram dari kue biji ketapang adalah sekitar 40,000 saja.

Baca Juga  : Makanan Ringan Khas Kota Bandung

➢ 5. Kue Kembang Goyang
Salah satu makanan khas Betawi yang cukup terkenal sebagai makanan ringan khas jakarta adalah kue kembang goyang. Nama kue ini memang cukup unik dan tampak tidak biasa. Namun, ketika anda merasakan produk yang satu ini, maka anda akan menemukan cita rasa kue yang begitu lezat dan istimewa. Nah, kue kembang goyang adalah salah satu jenis kue kering asli dari masyarakat Betawi. Biasanya, kue ini menjadi makanan wajib yang disajikan oleh masyarakat Betawi pada saat lebaran tiba.

Meskipun kini popularitas kue kembang goyang semakin menurun karena hadirnya beragam jenis kue modern yang lebih baru, namun tetap ada masyarakat yang mencari kue ini. Ya, kue kembang goyang adalah salah satu kue kuno Betawi yang masih ada di pasaran. Dengan terus mencari produk ini, seolah kita turut berperan untuk menjaga warisan budaya Betawi yang sudah mulai rapuh dan ditinggalkan.

Nah, sebenarnya apa yang menarik dari kue ini sehingga dinamakan kue kembang goyang? Perlu diketahui bahwa penamaan kue ini didasarkan pada bentuk kue yang menyerupai kelopak bunga yang begitu indah. Selain itu, dalam pembuatannya, si pembuat kue kembang goyang akan menggoyang-goyangkan adonan sehingga terlepas dari cetakan. Inilah alasan kenapa kue ini dinamakan dengan kue kembang goyang.

Dalam pembuatannya, kue kembang goyang dibuat dengan bahan dasar tepung beras atau tepung ketan. Dewasa ini, kue kembang goyang hadir dengan variasi rasa yang lebih banyak. Adapun beberapa rasa baru kue kembang goyang yang tersedia adalah framboze, pandan dan juga biji wijen. Dengan variasi yang baru ini, kue kembang goyang bisa menjadi makanan ringan khas jakarta untuk dibawa pulang saat anda berlibur ke Jakarta

➢ 6. Telur Gabus Keju Jakarta
Makanan unik ini menjadi salah satu favorite bagi masyarakat Betawi. Ya, telur gabus keju adalah makanan ringan khas jakarta yang menjadi camilan istimewa memiliki rasa yang renyah, manis dan juga gurih. Tidak heran, banyak warga yang menyukainya dan seolah tidak akan berhenti saat memakan camilan ini ditemani dengan teh hangat. Nama lain dari makanan ini adalah telur belanak, yang juga merupakan nama lain dari ikan gabus. Namun, tentu saja anda jangan mengira bahwa panganan satu ini dibuat dari telur ikan gabus atau ikan belanak.

Perlu diketahui bahwa telur gabus keju adalah semacam kue kering yang dibuat dengan bahan tepung kanji, air, telur, gula dan dibentuk memanjang menyerupai telur ikan gabus. Panganan ini termasuk sangat sederhana dan memasaknya pun hanya perlu digoreng saja.

Nah, di Jakarta, makanan ini masuk ke etalase toko makanan ringan khas Jakarta dan menjadi primadona bagi wisatawan yang berkunjung ke daerah ibu kota ini. Mereka membeli telur gabus keju untuk dibawa pulang sebagai cenderamata bagi keluarga di rumah. Dulu, makanan ini hanya menyajikan rasa original dan manis saja sebagai variasi. Namun, kini, anda bisa menemukan telur gabus dengan rasa keju yang begitu menggoda.

Aroma keju yang mantap membuat panganan sederhana ini tampak lebih spesial dan nikmat. Tidak hanya itu, anda juga bisa membeli dengan kemasan yang berbeda-beda. Lalu, bagaimana dengan harga? Tidak perlu khawatir, telur gabus keju adalah salah satu makanan ringan yang cukup terjangkau. Dengan hanya bermodalkan puluhan ribu saja anda sudah bisa mendapatkan panganan ini dengan jumlah yang cukup banyak.

➢ 7. Kue Akar Kelapa Khas Jakarta
Pernahkah anda mendengar nama kue yang satu ini? Perlu diketahui bahwa kue akar kelapa merupakan salah satu makanan ringan khas jakarta yang cukup terkenal di Jakarta, bahkan di Indonesia. Ini adalah kue Betawi yang sudah ada sejak dulu kala dan masih bisa ditemukan dewasa ini meskipun sudah sedikit jarang dan susah. Biasanya, dalam adat Betawi, kue ini akan disajikan bersamaan dengan rengginang dan juga kacang goreng untuk menjadi sajian spesial saat mengadakan acara adat atau acara spesial lainnya, seperti resepsi dan pesta.

Nama dari kue ini memang unik. Namun, tahukah anda bagaimana nama kue ini berasal? Nah, nama kue akar kelapa berasal dari bentuknya yang mirip dengan akar kelapa. Kue ini memang dibuat dengan bentuk yang unik sebagai daya tarik tersendiri. Namun, untuk bahannya, kue dibuat dengan menggunakan tepung yang dicampur dengan gula dan santan serta telur.

Nah, jika anda sedang berada di Jakarta untuk berlibur, anda bisa menjadikan kue akar kelapa sebagai makanan ringan khas jakarta yang unik. Namun, sebagaimana disebutkan di atas bahwa kue ini kini tidak lagi diproduksi secara massal. Anda mungkin akan menemukan kue akar kelapa di beberapa toko makanan ringan yang besar atau khusus menjual panganan Betawi. Jika anda membeli kue ini maka jangan lupa untuk membeli rengginang dan kacang goreng sebagai pelengkap. Mengenai harga, kue akar kelapa ini dijual dengan harga yang sebenarnya cukup terjangkau.