Cemilan yang Cocok Bagi Para Penderita Diabetes

Cemilan yang Cocok Bagi Para Penderita Diabetes

Cemilan yang Cocok Bagi Para Penderita Diabetes – Mungkin anda sudah pernah membaca artikel serupa atau sejenis,tapi artikel ini berbeda karena sudah kami ambil dari sumber terpercaya , berikut cemilan yang cocok bagi para penderita penyakit diabetes.

 Diabetes dapat menyerang siapa saja, tak peduli muda maupun tua. Bagi mereka yang memiliki faktor keturunan, maka lebih baik menjaga kesehatan tubuh dengan memulai hidup sehat.
Hal tersebut tidak hanya berlaku kepada orang yang memiliki faktor keturunan diabetes saja, namun bagi yang masih dalam kondisi sehat harus juga waspada karena juga memiliki potensi terserang diabetes bila pola makan dan hidupnya tidak sehat.
Orang dengan penyakit diabetes memiliki masalah dalam mengatur kadar gula darah. Sehabis makan, gula darah bisa melonjak naik tinggi dan ketika tidak makan, kadar gula darah merosot sangat rendah.
Agar kadar gula darah tetap seimbang, dr. Bent Wisse, seorang dosen endokrinologi di University of Washington School of Medicine menyebutkan, memilih camilan sehat menjadi bagian dari kunci hidup sehat penderita diabetes, terutama pasien diabetes tipe 1.
Berikut camilan sehat yang direkomendasikan, dirangkum dari berbagai sumber;

1. Apel

Bagi penderita diabetes, saat ini dapat membuat snack atau makanan ringan sehat sendiri. Kita bisa mengonsumsi apel sebagai makanan ringan, bisa juga ditambahkan dengan selai kacang sebagai pendampingnya. Apel mengandung serat tinggi yang dapat menahan rasa lapar lebih lama.
Ketika dikonsumsi sebelum makan, ini berguna sebagai pengontrol kalori. Beberapa iris apel dengan selai kacang akan memberikan  energi dan juga serat.
Baca Juga: Studi: Wanita Diabetes Aman Menggunakan Kontrasepsi Hormonal
Baca Juga: Serat Bantu Penyerapan Nutrisi Jadi Lancar, Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan Anak
Akan tetapi pastikan tidak memakan apel lebih dari satu biji. Untuk tambahan selai kacangnya, bisa mengoleskannya sebanyak 2 sdm saja.

2. Satu atau dua butir telur rebus

Telur mengandung protein yang lebih lama diubah menjadi gula darah sehingga menjadi camilan sehat bagi penderita diabetes. Itu artinya, kadar gula darah tidak akan naik pesat secara mendadak.
Sebuah riset yang diterbitkan pada British Journal of Nutrition mengamati konsumsi telur pada pasien diabetes. Sebanyak 65 pasien diabetes tipe 2 diminta memakan dua butir telur setiap hari selama 12 minggu.
Hasilnya menunjukkan bahwa pasien mengalami pan Untuk Penderita Diabetesan Untuk Penderita Diabetesenurunan kadar gula darah puasa dan hemoglobin A1C yang lebih rendah. Keduanya merupakan indikator untuk mengukur gula darah jangka panjang.

3. Snack dari kedelai

Studi yang dilakukan oleh Ahvaz Jundishapur University of Medical Sciences mengamati efek konsumsi kedelai pada pasien diabetes.
Hasilnya menunjukkan bahwa konsumsi kedelai sebanyak 8 gram selama 8 minggu, dapat menurunkan kadar HbAic (hemoglobin yang berikatan dengan glukosa), kolesterol total, dan resistensi insulin.
Kedelai juga rendah nilai indeks glikemiknya. Ini artinya ngemil kedelai tidak akan membuat gula darah melonjak naik, sehingga bisa dikonsumsi dengan aman sebagai camilan sehat bagi penderita diabetes. Contoh yang disarankan, kacang edamame dari Jepang.

4.  Buah pisang

Buah selalu jadi pilihan tepat sebagai camilan sehat, terutama untuk penderita diabetes. Namun, yang dipilih sebaiknya buah yang kondisinya masih segar, bukan buah kemasan yang dikeringkan.
Buah kemasan biasanya mengandung pemanis tambahan yang tidak baik bagi kadar gula darah pasien diabetes.
Namun, setiap buah memilih kandungan gula yang berbeda-beda tergantung kondisi kematangan dan ukuran.
Seperti dilansir dari laman Mayo Clinic, dr. Regina Castro, seorang spesialis endokrinologi menyebutkan bahwa satu porsi buah untuk camilan diabetesi harus mengandung 15 gram karbohidrat, contohnya:
1 buah pisang atau ½ bagian apel ukuran sedang
1 cangkir buah melon potong dadu (160 gram)
1¼ cangkir stroberi utuh (180- gram)